RSS

Komponen Ekosistem

16 Jan

Mahluk hidup dengan lingkungannya merupakan suatu kesatuan fungsional yang tidak dapat dipisahkan. Hubungan timbale balik antara mahluk hidup dengan lingkungannya disebut ekosistem.  Ekosistem tersusun dari komponen biotik (berbagai mahluk hidup) dan komponen abiotik. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik komponen biotik  dan abiotik dalam ekosistem disebut ekologi. Dalam suatu ekosistem, hubungan antar komponen berlangsung sangat erat dan saling mempengaruhi. Oleh karena itu, gangguan atau kerusakan pada salah satu komponen dapat menyebabkan kerusakan seluruh ekosistem. Manusia merupakan komponen  ekosistem yang dapat berpotensi sebagai penyelamat dan perusak ekosistem.

Komponen Ekosistem

  1. 1.       Komponen Abiotik

Komponen abiotik menyediakan tempat hidup, makanan, dan kondisi yang diperlukan oleh komponen biotic, sehingga komposisi komponen abiotik sangat mempengaruhi jenis komponen biotic yang dapat hidup. Komponen abiotik yang mempengaruhi komponen biotik dalam suatu ekosistem antara lain air, tanah, suhu, cahaya matahari, udara, kelembapan,dan keasaman(pH)

Air

Air berfungsi sebagai pelarut zat-zat dalam tubuh, system pengangkut, dan tempat berlangsungnyareaksi-reaksi biokimiadidalam tubuh. Keberadaan air sangat mempengaruhi jenis mahluk hidup yang dapat hidup.

Tanah

Tanah merupakan salah satu komponen abiotik yang sangat penting bagi kehidupan. Tanah terdiri dari butiran-butiran tanah yang mengandung unsur  hara/unsur  anorganik dan bahan organik. Tanah gembur yang banyak rongga udara akan mempermudah akar tumbuhan mendapat makanan.

Suhu

Mahluk hidup membutuhkan suhu yang sesuai agar dapat bertahan hidup. Suhu mempengaruhi reaksi biokimiawi didalam tubuh. Suhu yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan gangguan pada reaksi-reaknsi biokimiawi didalam tubuh, sehingga aktifitasnya terganggu.

Cahaya matahari

Cahaya matahari diperlukan untuk proses fotosintesis tumbuhan hijau. Selain itu, cahaya matahari juga mempengaruhi suhu bumi menjadi sesuai untuk kehidupan nberbagai mahluk hidup.

Udara

Udara merupakan campuran berbagai macam gas, misalnya nitrogen, oksigen, karbondipsida, dan karbon monoksida. Oksigen diperlukan oleh mahluk hidup untuk respirasi. Sedangkan karbon dioksida diperukan tumbuhan hijau dalam proses fotosintesis.

  1. 2.       Komponen Biotik

Komponen biotik adalah komponen yang terdiri dari mahluk hidup. Dalam komponen  terdiri dari tumbuhan, hewan, manusia, dan mikroorganisme. Berdasarkan fungsinya, komponen biotic dibagi menjadi 3 sebagai berikut.

Produsen

Produsen meruopakan kelompok kelompok organisme yang dapat membuat makanan sendiri. Semua jenis tumbuhan hijau termasuk produsen. Tumbuhan hijau dapat menghasilkan makanann melalui proses  fotosintesis. Zat makanan akan tersimpan pada daun, batang, akar, dan buah. O2 dilepas keudara dimanfaatkan oleh organisme  lain untuk pernapasan. Organisme yang dapat membuat  makanan sendiri seperti diatas disebut organisme autotrof. Ada tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil, maka kebutuhan makanannya tergantung organisme lain misalnya tali putri.

 Konsumen

Manusia dan hewan termasuk dalam golongan konsumen karena keduanya tidak dapat membuat makanan sendiri. Konsumen disebut juga organisme heterotrof, artinya organisme yang tergantung organisme lain untuk mendapatkan makanan. Berdasarkan jenis makanannya, organisme  yang mendapatka makanan dari tumbuhan saja disebut herbivora, organisme yang hanya makan hewan disebut karnivora. Organisme yang mendapatkan makanan dari tumbuhan maupun hewan disebut omnivore.

 Dekomposer atau penguarai

Peran decomposer atau pengurai dalam menguraikan zat organic yang terdapat pada mahluk hidup yang sudah mati menjadi zat yang lebih sederhana, seperti mineral atau zat organic lain. Mahluk hidup yang berperan sebagai pengurai adalah bakteri dan jamur zaprofit. Zat mineral atau zat hara hasil penguraian meresap kedalam tanah yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan. Seperti pelapukan yang terjadi pada pohon yang tumbang.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 16, 2012 in SAINS

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: