RSS

KOTA YOGYAKARTA

27 Des

Perjalanan study tour ^_^

keraton yogyakarta

Kunjungan kami di Yogyakarta yaitu pada hari Jumat,16 Desember 2011. Perjalanan kami di kota gudeg ini, kami mulai dari berkunjung ke Keraton Yogyakarta, meninggalkan Keraton menuju Bakpia Patok. Selanjutnya mengunjungi Candi Borobudur. Malam harinya kami pergi ke Mallioboro dan keesokhariannya menuju Candi Prambanan .

KERATON YOGYAKARTA

Kraton Ngayogyakarta yang sering disebut sebagai Kasultanan Ngayogyakarta berdiri pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I. Yang disebut karaton ialah tempat bersemayam ratu-ratu, berasal dan kata-kata ka-ratu-an = kraton juga disebut kadaton, yaitu ke-datu-an = kedaton tempat datu-datu atau ratu-ratu. Bahasa Indonesianya ialah lstana. Jadi kraton ialah sebuah istana, tetapi istana bukanlah kraton. Kraton ialah sebuah istana yang mengandung arti, arti keagamaan, arti filsafat dan arti kulturil (kebudayaan).

Dan sesungguhnya kraton Yogyakarta sarat akan arti. Mulai dari arsitektur bangunan-bangunannya, letak bangsal-bangsalnya, ukiran-ukirannya, hiasannya, sampai pada warna gedung-gedungnya pun mempunyai arti. Pohon-pohon yang ditanam di dalamnya bukan sembarangan pohon. Semua yang terdapat di sini seakaan-akan memberi nasehat kepada kita untuk cinta dan menyerahkan diri kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, berlaku sederhana dan tekun, berhati-hati dalam tingkah laku kita sehari-hari.

Luas keraton Yogyakarta 14.000 m2.  Kompleks kraton itu dikelilingi oleh sebuah tembok lebar, beteng namanya. Panjangnya 5 km, berbentuk empat persegi, tingginya 3.5 m, lebamya 3 sampai 4 m. didalamnya terdapat banyak bangunan-bangunan,halaman-halaman,dan juga lapangan-lapangan.

Jadi, jika kalian ingin tau bagaimana suasananya silahkan saja datang ke Keraton Yogyakarta. Karena sampai disana kita akan disuguhi dengan nuansa adat jawa yang sangat dominan. Dan juga bangunan-bangunan tuannya yang masih kokoh berdiri hingga sekarang.

CANDI BOROBUDUR


Candi Borobudur merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia yang berada di Indonesia. Yang dibangun oleh Samaratungga dari Dinasti Syailendra selama kurang lebih 50 tahun, yaitu pada tahun 778 – 856 M, 300 tahun sebelum Angkor Wat (Kamboja), dan 200 tahun sebelum Notre Dame. Candi Borobudur memiliki 1460 relief dan 504 arca dan 72 buah stupa. Nama Borobudur berasal dari dua kata yaitu Boro dan Budur. Boro berarti wihara yaitu tempat suci, sementara budur artinya atas. Oleh karena itu Borobudur artinya candi yang berada di atas gunung/ bukit.

Candi Borobudur terletak di Candi Borobudur terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, sekitar 40 km sebelah barat laut Jogjakarta, 7 km arah selatan Kota Magelang, dan 100 km sebelah barat daya Semarang.

Borobudur memiliki luas dasar berukuran 123×123 meter. Tinggi asli Borobudur termasuk chattra adalah 42 m namun tinggi kini setelah dipugar  menjadi 35 meter. Keliling Candi Borobudur adalah 492 meter. Luas bangunan Candi Borobudur 15.129 m2 yang tersusun dari 55.000 m3 batu andesit, dari 2 juta potongan batu-batuan. Batu andesit yang digunakan adalah batu yang memiliki porositas tinggi. Kadar porinya sekitar 32% – 46% dan antara lubang pori satu dan lainnya tidak berhubungan Ukuran batu rata-rata 25 cm X 10 cm X 15 cm. Panjang potongan batu secara keseluruhan 500 km dengan berat keseluruhan batu 1,3 juta ton. Batu-batu tersebut saling terkait dengan sistem interlock, sungguh suatu teknologi yang sangat tinggi pada jaman tersebut. Pada dinding Candi Borobudur terdapat relief yang merupakan satu rangkaian cerita yang terususun dalam 1.460 panel.

 

Candi Borobudur telah mengalami beberapa kali renofasi akibat bencana alam yang melanda selama ini seperti letusan gunung berapi dan gempa bumi yang dapat merusak struktur bangunan candi. Namun demikian candi ini tetap memiliki daya tarik tersediri, membawa kita kejaman peradaban agama budha di Indonesia

CANDI PRAMBANAN

Candi Prambanan merupakan Candi Hindu yang sangat cantik dan unik. Candi Prambanan sering kali dikaitkan dengan legenda Roro Jonggrang. Candi ini di bangun pada abad ke-10 pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Candi Prambanan menjulang 47 meter (5 meter lebih tinngi dari candi Borobudur). Candi ini terletak 17 kilometer dari pucat kota Yogyakarta atau kurang lebih 35 kilometer dari kota Solo.

Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama yaitu candi Brahma, candi Wisnu dan Candi Siwa. Ketiga candi tersebut merupakan lambing Tri Murti dalam agamma hindu. Candi Siwa memiliki luas dasar 34 meter2dan tinggi 47 meter. Candi Brahma memiliki luas dasar 20 m2dan tinggi 37 meter. Sedangkan Candi Wisnu memiliki bentuk dan ukuran yang sama dengan Candi Brahma. Ketiga candi tersebut menghadap ketimur. Setiap candi utama memiliki pendampingyang menghadap kebarat yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma,dan Garuda untuk Wisnu.selain itu masih ada 2 candi apit,4 candi kelirserta 4 candi sudut. Sementara halaman yang kedua memiliki 224 candi.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 27, 2011 in TUGAS

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: