RSS

KOTA BANDUNG “ Kota Kembang”

27 Des

TOUR DI KOTA BANDUNG ^_^

Tiba di kota Bandung hari Kamis, 15 Desember 2011. Perjalanan menyisiri kota Bandung kami mulai dari mengunjungi Obyek Wisata Tangkuban Perahu, kemudian dilanjutkan menuju Museum Geologi Bandung, selanjutnya menuju Cihampelas atau Cibaduyut.

MUSEUM GEOLOGI

Museum Geologi Bandung beralamat di Jalan Diponegoro 57  Bandung 40122 Telp.(022)7213822 atau Fax (022)7213934. Museum Geologi ini buka setiap hari dari hari

senin-kamis buka pada pukul 09.00-15.30 WIB ,

sabtu-minggu buka dari pukul 09.00-13.00 WIB ,

hari jumat dan libur nasional tidak beroprasi(tutup)

Sejarah berdirinya Museum Geologgi sangat erat kaitannya dengan sejarah penyelidikan geologi di Indonesiayang telah dimulai sejak tahun 1850-an oleh” Dienst van het Mijwezen” yang berkedudukan di Bogor (1852-1866). Lembaga ini kemudian pindah ke Jakarta (1866-1924) dan akhirnya pindah ke Bandung,menempati Gedung Gouverment Bedrijven( sekarang yang disebut gedung sate)

Museum Geologi didirikan pada tanggal 16 Mei 1928 Museum ini telah direnovasi dengan dana bantuan dari   JICA. Setelah mengalami renovasi, Museum ini dibuka kembali untuk umum dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Megawati Soekarnoputri pada tanggal23 Agustus 2000.  Dengan adanya pengembangan ini luas bangunan menjadi 6000 m2dimana sekitar 2000 m2 digunakan sebagai ruang peragaan.

 Sebagai salah satu monumen bersejarah, museum berada di bawah perlindungan pemerintah dan merupakan peninggalan nasional. Dalam Museum ini, tersimpan dan dikelola materi-materi geologi yang berlimpah, seperti fosil, batuan, mineral. Kesemuanya itu dikumpulkan selama kerja lapangan di Indonesia sejak 1850.

 

Lantai  I

Pada lantai I Musium Geologi dibagi menjadi 3 ruangan,yaitu: Ruang Tengah, Ruang Sayap Timur dan Ruang Sayap Barat.  Ruang Tengah merupakan ruang orientasi yang berisi peta geografi Indonesia yang berbentuk Relief layar lebar yang menayangkan kegiatan geologi maupun museum dalam bentuk animasi. Disini juga terdapat bilik pelayanan informasi serta bilik pelayanan pendidikan dan penelitian.

Di Ruang Sayap Timur pada lantai I  merupakan tempat khusus mengenai sejarah kehidupan. Mulai dari sejarah kota Bandung, Prakambrium-Paleozoikum(masa kehidupan tua), Mesozoikum (masa kehidupan tengah), Dinosaurus, Manusia Purba, Vertebrata Indonesia dan Kenozoikum.

Di Ruang Sayap Barat pada lantai I merupakan tempat khusus mengenai Geologi Indonesia. Mulai dari Asal Mula Bumi, Tektonik Indonesia, kondisi geologi Pulau Sumatra, Kalimantan, Jawa &Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Papua, disini juga terdapat Survei Geologi, Dunia Batu dan Mineral dan juga Gunung Berapi.

Semuanya ditampilkan dalam bentuk maket dan panel-panel informasi. Di masing-masing ruangan juga dipamerkan berbagai jenis batuan dan sumber daya mineral di setap daerah. Ada juga miniature-miniatur peraga asli yang dibuat begitu nyata yang tertata rapi didalam lemari kaca.

Lantai II

Kami tidak dapat melihat-lihat di lantai II karena sedang direnovasi. Namun menurut buku panduan yang kami beli luar museum, Di Lantai II  terdapat peragaan geologi untuk kehidupan manusia. Di lantai II terdiri atas satu ruang utama (hall) dan 7 ruang peragaan di sayap timur. Di bagian ruang utama diperagakan berbagai miniatur penambangan, baik mineral maupun penambangan energi minyak dan gas bumi. Diperagakan oleh pertambangan emas terbesar di dunia, yang terletak di Pegunungan Tengan Irian Jaya.

Sedangkan di ruang sayap timur (lantai II) berisi tentang Pemanfaatan Batuan dan Mineral, Eksplorasi&Eksploitasi, Mineral dalam Kehidupan Sehari-hari, Air &Lingkungan, Bahaya dan Mnfaat Gunung Api, Gempa Bumi&Gerakan Tanah, dan  Bahan Galian Komoditas Nasional. Yang kesemuanya dapat memberikan informasi tentang aspek positif dan negatif tataan geologi bagi kehidupan manusia, khususnya di Indonesia. Namun sangat sayang kami tidak dapat melihat-lihat kesana.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 27, 2011 in TUGAS

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: