RSS

Makanan Yang Bergizi

25 Nov

Mengapa Kita Harus Makan Makanan Yang Bergizi

Setiap hari kita selalu mengkonsumsi berbagai macam makanan. Makan tidak hanya membuat perut terasa kenyang dan memiliki rasa yang enak tetapi harus mengandung gizi serta nutrisi yang bisa membuat tubuh kita menjadi sehat. Makanan yang sehat artinya tidak mengandung bahan-bahan kimia seperti pengawet dan zat pewarna yang dapat membahayakan tubuh kita.

Sesungguhnya manfaat makanan bagi tubuh kita, yaitu untuk:

  1. pertubuhan badan
  2. mengganti sel-sel yang rusak
  3. memperoleh energi dan kalor
  4. meningkatkan daya tahan tubuh dari suatu penyakit

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, kita harus selalu mengkonsumsi makan yang bergizi. Makanan yang bergizi yaitu makanan yang mengandung zat-zat makanan yang penting bagi tubuh yang meliputi:

  1. karbohidrat atau zat tepung
  2. protein
  3. lemak
  4. vitamin
  5. mineral, dan
  6. air

1. Karbohidrat

Banyak terdapat pada jenis tepung seperti beras, singkong, sagu, kentang, jagung dan ubi. Karbohidrat (hidrat arang) berguna untuk menghasilkan energi dan kalori serta sebagai cadagan makan bagi tubuh.

2. Protein

Protein didapat dari tumbuhan(protein nabati) seperti : kedelai, kacang hijau, kacang tanah,dan buncis. Dapat juga diperoleh dari hewan(protein hewani) seperti daging,telur,ikan dan susu. Protein berguna untuk menghasilkan kalori, membentuk sel baru dan mengganti sel yang rusak.

3. Lemak

Lemak didapat dari tumbuhan(lemak nabati) seperti: kelapa dan kacang tanah. Dapat juga diperoleh dari hewan(lemak hewani) seperti daging,telur dan susu.lemak berfungsi sebagai cadangan makanan, menghasilkan kalori,bantalan tubuh serta dapat menghaluskan kulit.

4. Vitamin

a. Vitamin A

Makanan yang mengandung vitamin A yaitu sayu dan buah berwarna. Seperti: tomat, wortel, pepaya dll.vitamin A berguna untuk kesehatan mata dan memelihara kesehaan kulit. Kekurangan vitanin A didahului dengan gejala rabun ayam yang bila dibiarkan akan mengakibatkan kebutaan.

b. Vitamin B

terdiri dari berbagai macam yaitu vitamin B1,B2,B12,dll. Vitamin B1 terdapat pada biji-bijian(kulit arinya) juga terdapat pada telur dan susu. Kekurangan vitamin B1dapat menyebabkan penyakit beri-beri yang jika dibiarkan dapat mengganggu kerja syaraf. Vitamin B2 banyak terdapat pada sayur,buah dab susu. Kekurangan vitamin B2 akan membuat kulit menjadi kasar,kemerah-merahan dan gatal. Vitamin B12  berpengaruh pada pertumbuhan sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia.

c. Vitamin C

vitamin C diperoleh pada sayur dan buah segar seperti jeruk, lemon. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sariawan dan bibir pecah-pecah.

d. Vitamin D

Vitamin D biasanya terdapat  pada minyak ikan, susu, kuning telur dan sayuran.akibat kekurangan vitamin D adalah penyakit rakhitisdan pertumbuhan tulang yang tidak normal, sehingga tulang kaki menjadi benkok yang disebut pengkor dalam (kaki X) atau pengkor luar (kaki O) atau kelainan pertumbuhan pada tulang lengan, hasta, pengupil atau punggung.

5.Mineral (garam-garaman)

Garam-garaman dapat diperoleh dari mengkonsumsi sayu-sayuran dan buah-buahan. Mineral berguna untuk : membangun tubuh, membantu dalam pembekuan darah, serta dapat mencegah penyakit tertentu. Garam kapur dan fosfor sangat penting dalam pembentukan tulang. Garam besi untuk membentuk haemoglobin. Garam iodium dapat mencegah penyakit gondok. Garam flour dapat mencegah karies gigi. Garam besi dan tembaga dapat mencegah kurang darah.

6. Air

Seluruh bagian tubuh kita memerlukan air. Kekurangan air dalam tubuh kita akan menyebabkan dehidrasi. Untuk itu penting bagi kita untuk minum air minimal 8 gelas sehari untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat.

Jadi, itulah alasannya mengapa kita harus makan makanan yang bergizi. Tujuannya tidk lain agar tubuh kita menjadi sehat dan tahan dari berbagai penyakit. Jangan hanya memakan makanan satu jenis saja karena tubuh kita memerlukan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air yang terdapat pada beraneka ragam sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dll. Kurangi memakan makakan ringan seperti Snack karena hanya akan menyebabkan penyakit. Seperti yang kita ketahui bahwa snack yang beredar dipasaran banyak mengandung bahan pengawet dan pewarna yang berbahaya bagi tubuh kita

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 25, 2011 in SAINS

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: