RSS

Karton Bekas Sebagai Media Belajar Matematika

29 Jan

Dalam pembelajaran matematika kita mengenal berbagai macam alat peraga dan permainan yang bertujuan memudahkan dan menyenangkan para siswa untuk mempelajari matematika.

A.Klasifikasi media : Anda pasti berfikir, bagaimana cara menggunakan barang bekas dapat digunakan sebagai media belajar. Hal ini tak sesulit yang di bayangkan, dalam pembelajaran matematika alat peraganya atau permainan matematika bisa saja dibuat dari barang bekas. Semua ini hanya memerlukan kekreatifan seorang pengajar dalam merancang suatu media untuk membuat matematika itu menyenangkan. Sebagai contoh : kaleng bekas, karton bekas, kotak bekas, dan lain-lainnya semuanya bisa dijadikan media pembelajaran.
Sebagai contoh, permainan puzzle bangun datar dengan menggunakan karton bekas

B.Fungsi  : Fungsi alat ini adalah untuk membantu memudahkan siswa SD (terutama anak-anak kelas 1 dan 2 ) mengenal berbagai bentuk bangun datar beserta namanya. Selain itu siswa juga diajak untuk dapat memanfaatkan barang bekas yang berada di sekitar kita.

C.Manfaat : Anak didik akan menjadi lebih paham karena ia mendapat contoh yang nyata mengenai bangun datar.Dengan kata lain, mereka tidak menghayal lagi mengenai bagaimana bentuk persegi(misalnya) tetapi dapat menunjuk secara langsung benda yang berbentuk persegi..

D.Cara membuat :

Siapkan gunting, karton bekas, penggaris,lem dan pensil.

Gambarlah beberapa jenis bangun datar di atas karton dengan menggunakan pensil dan penggaris seperti : persegi, persegi panjang, segitiga, jajargenjang, trapesium, layang-layang,belah ketupat dan lingkaran

Lalu gunting bangun datar tersebut mengikuti pola yang telah dibuat

Setelah digunting, pisahkan bidang datar tersebut. Dan sisa karton yang bolong jangan dibuang tetapi di temple karton lain dengan menggunakan lem.

Lalu berikan nama didalam pola yang bolong tersebut sesuai dengan nama dan bentuknya.

Kemudian siap dimainkan, perintahkan siswa untuk menyusun !

Contoh gambar memainkan PUZZLE  bangun datar:

E.Cara Penggunaan

Siapkan terlebih dahulu puzzle bangun datar yang terbuat dari karton bekas tsb, kemudian ajak siswa anda secara begiliran untuk menyusun bagian puzzle yang masih hilang.. Misalkan siswa pertama memilih bangun persegi panjang maka ia akan mencari bangun yang sama dengan bangun yang dia pegang,secara tidak langsung membantu siswa mengingat nama dan bentuk bangun datar tersebut. Lakukan secara berulang sampai siswa menjadi paham.

Jadi,dapat disimpulkan belajar akan lebih efektif jika dibantu dengan media pembelajaran, sehingga membuat siswa menjadi lebih tertarik dalam belajar matematika.Oleh karena itudiharapkan mampu menggunakan alat peraga yang konkret untuk memperjelas materi matematika yang abstrak.

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Posted by pada Januari 29, 2012 in TUGAS

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: